NAMA TUANKU LAREH LUHAK LIMOPULUAH , AGAM DAN TANAH DATAR TERAKHIR 1914

0
463

Ciloteh Tanpa Suara _” Ada yang menarik dari catatan Pak Saiful Guci dalam catatan yang berjudul “ Benarkah Padang Panjang Pernah Bergabung Dengan Padang Pariaman . Bapak menuliskan , setelah selesai Belanda menumpas pemberontakan pajak 1908 yang banyak mengorkan rakyat dan Tuanku Lareh yang terlibat, maka Belanda melakukan Reorganisasi cukup besar dijalankan pada tahun 1913  , dimana Lareh dihapus kedudukan. Maklum saya masih muda, belum jelas apa yang dimaksud dengan Lareh. Sepanjang pengetahuan saya lareh itu ada dua, yaitu Lareh Koto Piliang dan Lareh Bodi Caniago . Apakah memang itu yang dimaksud mohon pencerahan“ tulis Desmon Asra kepada saya.

Baca Juga : BENARKAH PADANG PANJANG PERNAH BERGABUNG DENGAN PADANG PARIAMAN  http://cilotehtanpasuara.com/blog/benarkah-padang-panjang-pernah-bergabung-dengan-padang-pariaman/

“Memang benar, apabila orang berkata Lareh, umumnya orang selalu ingat lareh nan duo, yaitu: Lareh Koto Piliang lebih bercirikan “aristokratis”, dimana kekuasaan tersusun pada strata-strata secara bertingkat dengan wewenangnya bersifat vertikal, sesuai dengan pepatahnya manitiak dari ateh (menetes dari atas), Lareh Koto Piliang dikepalai oleh Dt. Katumanggungan.

Lareh Bodi Caniago bercirikan “demokratis” dimana kekuasaan tersusun berdasarkan prinsip egaliter dengan wewenang bersifat horizontal, sesuai dengan pepatahnya mambusuik dari bumi (muncul dari bawah), Lareh Bodi Caniago, nan dikepalai oleh Dt. Parapatiah Nan Sabatang.

Dalam sejarah Minangkabau kedua kelarasan ini disebutkan sistem dalam menjalankan pemerintahan. “Nan Babarih nan Bapahek, Nan Baukua nan Bakabuang, Curiang Barih Buliah Diliek, Cupak Panuah Gantang Babubuang”. Dengan ketentuan barih tak buliah dilampaui, cupak tak buliah dilabiah dikurangi,atau lebih tepat disebut talatak suatu ditampeknyo. Tetapi yang saya maksud bukan itu “ balas saya.

“Jadi maksudnya apa pak, supaya saya  dapat menambah pengetahuan saya tentang minangkabau “ balas Desmon Asra.

“ Desmon boleh baca dulu “ Catatan Inyiak Canduang tentang Sumpah Satie Bukik Marapalam. Dan ada juga suatu peristiwa terjadi pada tahun 1811 tokoh paderi yang dipelopori oleh Haji Miskin dari Pandai Sikek, Haji Piobang dan Tuanku Lintau membuat suatu kesepakatan di puncak Pato Lintau untuk marapekan alam Minangkabau sehingga dikenal dengan Bukik Marapalam. (baca juga Christine Dobbin (1980) Islamic Revitalism in a Changing Peasant Economy Central Sumatra, 1784-1847) Tempat rapat di Bukit Marapalam ini mungkin sering digunakan untuk menyeru alam Minangkabau untuk kembali kepada Ajaran Islam yang benar.

Dalam pertemuan tersebut disepakati “Adat bapaneh syarak balindung”, artinya: “Adat adalah tubuh dan syarak adalah jiwa di Alam Minangkabau”.

Baca Juga : CATATAN INYIAK CANDUANG SYEIKH SULAIMAN AR-RASULI
TENTANG SUMPAH SATIE BUKIT MARAPALAM

http://cilotehtanpasuara.com/blog/catatan-inyiak-canduang-syeikh-sulaiman-ar-rasuli-tentang-sumpah-satie-bukit-marapalam/

Peristiwa tersebut dalam batang pasambahan adat disebutkan “sajak sumua bakali, rantiang bapatah, luhak nan barajok, canang bagua dalam nagari, jalan duo nan batampuah, patamo jalan manuruik syarak, kaduo jalan manuruik adaik”. Timbullah pepatah “ Syarak mangato, adaik mamakai”.

Sumua bakali aie datang maksudnya, sepakat untuk menjalankan syariat Islam yang bersih sesuai dengan sunnah nabi. Rantiang bapatah keputusan harus dijalankan di alam minangkabau. Luhak nan barajok, alam minangkabau dibagi berbatas dengan tiga Luhak yaitu : Luhak Limopuluah,Luhak Agam dan Luhak Tanah Data dan diluarnya disebut wilayah rantau. Canang bagua dalam nagari keputusan Ulama ini harus dijalankan disampaikan oleh penghulu diseluruh alam minangkabau kepada anak kemenakannya. Apabila ada nagari yang tidak mau menuruti diperangi. Jalan dua ditampuah artinya jalan manuruik syarak dan menurut adat.

Diluhak Nan Tigo bagi nagari-nagari yang berdekatan yang sama pelaksanaan adatnya dibentuk KELARASAN dipimpin oleh para LAREH dengan sebutan TUANKU LAREH, Luhak Limopuluh terbagi 13 Kelarasan, Luhak Agam 20 Kelarasan dan Luhak Tanah Datar 33 Kelarasan. Kelarasan ini masih dipertahankan sampai perubahan administrasi pemerintahan pada 1 Desember 1914. Kelarasan dihapus dan ditukar dengan sistim Distrik yang dikepalai oleh seorang Demang dan onderdistrik serta dikepalai oleh Asisten Demang.

Guna mengetahui para Lareh yang memerintah pada sebelum 1 Desember 1914 pada masing-masing Luhak Limopuluah, Agam dan Tanah Datar tersebut dapat dilihat pada uraian dibawah:

A.LUHAK LIMO PULUAH

Diambil dari nama peristiwa israk mi’jratnya Nabi Muhammad SAW, dimana pada awalnya disuruh mengerjakan sholat 50 rakaat sehari semalam, tetapi nabi Muhammad tidak sanggup mengerjakannya sampai akhirnya hanya dijalankan 5 rakaat saja sehari semalam, Luhak (berkurang 45 rakaat dari 50 rakaat yang semula).

Wilayah Limo puluah yang pada awalnya dibagi tiga yaitu: Luhak ,Lareh dan Ranah. Kemudian dilengkapi dengan simbol lima kali sholat tadi menjadi lima wilayah (Luhak, Lareh, Ranah, Hulu dan Sandi) dan Luhak Limopuluah dibagi dengan 13 Kelarasan (kelarasan adalah nagari yang berdekatan mempunyai satu kesatuan adat). Angka tiga belas ini merupakan lambang 13 Rukun Sholat. Tiga belas kelarasan dengan 50 Koto tersebut debngan nama Tuanku Lareh Terakhir sampai tahun 1914 adalah:

  1. Kelarasan Koto Nan Ampek(Koto Nan Ampek) dengan Tuanku Larehnya berturut-turut adalah :
    1. Marajo Simagayur, suku Patapang, Koto Nan Ampek
    2. Lutan Dt. Bagindo SimarajoNan Panjang, suku Kutianyir.
  2. Kelarasan Koto Nan Gadang(Koto Nan Gadang ) dengan Tuanku Larehnya berturut-turut adalah:
    1. Dt. Simarajo Nan Garangsuku Koto
    2. Rancak Dt.Rajo Mangkuto Nan PanjangSuku Dalimo
    3. Rajo Angkek Bagindo Arab.
  3. Kelarasan Payo Basuang( Payobasuang, Tiakar, Andaleh, dan Mungo ) dengan Tuanku Larehnya berturut-turut adalah :
    1. Muncak, suku Dalimo Tiakar
    2. Rangkayo Basa Nan Kuniang, suku Payobadar
    3. Lutan Dt. Mulia Nan Kuniang.
  4. Kelarasan Halaban(Halaban,Ampalu, Tabiang Tinggi, Sitanang, Batu Payuang, dan Balai Panjang) dengan Tuanku Larehnya adalah : Nabi Dt. Bagindo Simarajo, suku Melayu, Balai Panjang
  5. Kelarasan Limbukan( Limbukan, Aie Tabik, Tanjung Haro Sikabu, dan Sungai Kamuyang ) dengan Tuanku Larehnya berturut-turut adalah :
    1. Bandaro nan Balidah, Suku Sikumbang, Air Tabik
    2. Rajo Pamenan Dt. Paduko Alam,Suku Salo, Limbukan
    3. Abdul Rahman Dt. Tumanguang Nan Hitam, Suku Piliang, Padang Karambie.
  6. Kelarasan Situjuah( Situjuah Batur, Situjuah Gadang, Situjuah Banda Dalam, dan Situjuah Ladang Laweh ) dengan Tuanku Larehnya adalah: Sutan Nan Kawai Dt. Indomarajo, suku Piliang, Situjuh Batur. Pada Tahun 1927 beliau pergi ke Mekah dalam usia 75 tahun dan meninggal disana.
  7. Kelarasan Batu Hampa( Batu Hampa, Koto Tangah, Sariak Laweh, Suayan , Sungai Balantiak, dan Durian Gadang ) dengan Tuanku Larehnya adalah : Rasyad Dt. Pangulu Basa Nan Kuniang, Suku Piliang, Tambun Ijuak Batu Hampa.
  8. Kelarasan Guguak ( Guguak, VII Koto Talago, Kubang, dan Sungai Talang) dengan Tuanku Larehnya  adalah : Nindih Dt. Bagindo Basa, Suku Sikumbang, Balai Talang.
  9. Kelarasan Mungkar(Mungkar, Talang Maur, Sungai Antuan,dan Jopang Manganti ) dengan Tuanku Larehnya berturut-turut adalah :
    1. Tawar Dt.Bandaro, Suku Kampai meninggal di Mekah
    2. Nabi Ullah Dt. Bandaro, Suku Kampai.
  10. Kelarasan Lubuak Batingkok( Lubuak Batingkok, Gurun, dan Koto Tuo ) dengan Tuanku Larehnya berturut-turut adalah :
    1. Tarimo Dt. KakondoSalah satu anaknya juga menjadi lareh di Guguak (Nindih Dt. Bagindo Basa)
    2. Kawi Dt. Rajo Pangulu, Suku Sembilan, Lubuak Batingok
  11. Kelarasan Sungai Baringin( Sungai Baringin, Piobang, Taeh Baruah,Taeh Bukik,  Koto Baru, dan Simalanggang) dengan Tuanku Larehnya adalah : Abdullah Dt. Paduko Tuan, Suku Koto Piobang
  12. Kelarasan Sarilamak (Sarilamak, Tarantang, Harau,dan Solok Bio-Bio ) dengan Tuanku Larehnya adalah : Rasyad Dt. Kuniang Nan Hitam, Suku Sembilan, Sarilamak.

Kelarasan Taram(Taram, Bukik Limbuku, dan Batu Balang ) dengan Tuanku Larehnya berturut-turut adalah :

  1. Palilu Dt. Paduko Simarajo Nan Panjang, Suku Simpadang Taram.
  2. Sutan Pamuncak Dt. Pangulu Basa Nan Karuik, Suku Payo Bada, Bukik Limbuku.

B.LUHAK AGAM TUO

Pada zaman itu (tahun belum diketahui) disepakati agama yang dapat boleh hidup di alam Minangkabau adalah agama Islam sehingga muncul mamangan/anekdot “Syarak mangato, adaik mamakai”. pada zaman tersebut juga muncul penamaan wilayah dengan sebutan Luhak Agam Tuo, dizaman itu juga diketahui terjadi sebuah peristiwa penting yakni peristiwa penimbunan Bihara (biaro), dengan munculnya kesepakatan bersama untuk mnjadikan Islam sebagai agama satu-satunya maka bihara tempat peribadatan agama hindu dirobohkan dan diambil tanah secara Gotong royong dari Bukik Batabuah melewati Pasanehan, dengan tanah itu ditimbunlah Bihara-bihara yang kemudian hari lokasi-lokasi yang mengandung bangunan bihara tersebut hanya tinggal namanya saja lagi hingga saat ini masih dapat ditemui toponim (nama lokasi) BIARO.

Dizaman Paderi Luhak Agam Tuo dipecah menjadi 20 kelarasan selaras dengan sifat duo puluah yang harus dimengerti oleh anak nagari , wilayahnya masuk Maninjau sampai Pasaman. Adapun nama kelarasan yang 20 dengan nama Tuanku Lareh terakhir sampai tahun 1914 nya adalah:

  1. Kelarasan Banuampu: Marzuki Dt. Bandaro Panjang
  2. Kelarasan Ampek Angkek: Samat Dt. Sati.
  3. Kelarasan Kapau: Sutan Pamenan Dt.Rajo Labiah.
  4. Kelarasan Salo: Ismail Dt. Tan Pangulu
  5. Kelarasan Sungaipua: Sulaiman Dt. Tumenggung
  6. Kelarasan Canduang: Saat Rajo Malenggang
  7. Kelarasan Tilatang: Jaar Dt. Batuah
  8. Kelarasan Kamang: Garang Dt. Palindih
  9. Kelarasn Baso: Wahid Rajo Bandarodigantikan oleh Khatib Sutan Rajo Ameh
  10. Kelarasan IV Koto Agam: Yahya Dt.Kayo
  11. Kelarasan Magek: Ismail Dt.Tan Panghulu
  12. Kelarasan IV Koto Maninjau: Marah Adil Dt.Pangulu Basa
  13. Kelarasan VI Koto Maninjau: Marajo Ali Tuanku Di Pandan
  14. Kelarasan Matua: Salim dt. Mangukuto Alam
  15. Kelarasan Andaleh Maninjau: Kamudin Tuanku Sutan Palembang
  16. Kelarasan Kumpulan: Jamin Angku Tumangguang
  17. Kelarasan Koto Rajo Lubuak Sikapiang: Nakhodo Rajo Sutan Dait Sutan ruhun.
  18. Kelarasan Lubuk Sikaping: Tolong Dt. Besar
  19. Kelarasan Pasaman: Sidin Daulat nan di Patuan.
  20. Kelarasan Sundatar: Sutan Patullah Tuan Kali nan Besar 

C.LUHAK TANAH DATA

Tidak jauh berbeda dengan peristiwa di Luhak Agam Tuo, di Limakaum Batu Sangka Tanah Datar dan di Pariangan terjadi juga penimbunan dengan tanah Bihara Hindu, sehingga saat ini hanya dapat ditemui toponim BIARO saja. Penamaan Luhak Tanah Data dilakukan pada saat Paderi, penamaan ini berakar dari fenomena simbolik dalam ajaran Islam yakni pada saat terakhir kita setelah kiamat maka manusia akan dikumpulkan disebuah padang yang datar disebut PADANG MAKSAR, pada saat itu agar manusia dapat berkumpul di sorga nanti maka kaum Paderi menyarankan untuk selalu memperbanyak bacaan kalimat seperti Tasbih (Subhaanallah), Tahmid (Alhamdullilah), Takbir (Allahu Akbar) dalam hal ini disarankan dibacakan sebanyak 33 kali pada masing-masingnya. Bertolok dari pemikiran itu maka LUHAK TANAH DATA dipecah menjadi 33 Kelarasan selaras dengan jumlah bacaan Tasbih, Tahmid dan Takbir. Wilayahnya dari Padang Panjang sampai ke Damasraya sekarang. Adapun nama kelarasannya dan nama Tuanku lareh terakhir sampai tahun 1914 adalah:

  1. Kelarasan Limokaum: Rahim Dt. Besar
  2. Kelarasan Padanggantiang: Lawik Dt.Sam Pangulu
  3. Kelarasan Pagaruyuang: Saat Dt. Magek
  4. Kelarasan Saruaso: Salah Dt. Rajo Malano
  5. Kelarasan Salimpauang: Hamid Dt. Marajo Lelo
  6. Kelarasan Rao-Rao: Kayo Intan Parmato Lelo.
  7. Kelarasan Sungai Tarab: Menek Dt. Rajo Mangkuto
  8. Kelarasan Gurun: Leman Dt. Marajo
  9. Kelarasan Sungai Jambu: Marah Padang Dt. Rajo Itam
  10. Kelarasan Pariangan: Mukmin Dt. Marajo Kayo
  11. Kelarasan Sumaniak: Alam Madun Dt. Rajo Di rajo
  12. Kelarasan Tanjuang: lawik Dt. Tumenggung
  13. Kelarasan Batipuah: Majo Dirajo
  14. Kelarasan Bungo Tanjuang: Rajo Timbul Dt.Rangkayo Mulie
  15. Kelarasan Sumpur: Malawi Dt. Panjang
  16. Kelarasan Simawang: Marah Dusun Dt.Pangulu Batuah.
  17. Kelarasan VI Koto Pandai Sikek: Umin Dt. Rajo Labiah
  18. Kelarasan IV Koto: Musani Dt. Rajo Pangulu
  19. Kelarasan Tanjung Balik: Cumati dt. Pangulu Sati
  20. Kelarasan Saning Baka: Lilih Dt. Bandaro
  21. Kelarasan Singkarak: Badu Intan Dt. Mangkuto sati
  22. Kelarasan Sulit Aie: Lilim Dt. Rajo Mansur
  23. Kelarasan Lintau:  Taib Dt. Sikoto
  24. Kelarasan Buo:  Umar Dt. Bandaro Putiah
  25. Kelarasan Kumanis: Tahayat Dt.Rajo Dubalang
  26. Kelarasan Sumpur Kudus: Inu Dt. Gampo alam
  27. Kelarasan Silungkang: Jaar Sutan Pamuncak
  28. Kelarasan Padangsibusuak: Badu Rahim Sutan Marah Indo
  29. Kelarasan Talawi: Suwit Dt. Rajo Malano
  30. Kelarasan Sijunjuang: Hitam Rajo Palembang
  31. Kelarasan Koto Baru Sijunjuang: Rabat Bagindo Kayo
  32. Kelarasan Koto Tujuah: Lahar Marajo Sutan
  33. Kelarasan Lubuak Tarab: Intan Dt. Bagindo Sati

“Begitu ceritanya Desmon, inikan menurut saya, jika ada informasi yang baru beri tahu saya” terang saya.

” Terimakasi banyak pak saiful yang telah memberikan wawasan sejarah buat saya ” tulis Desmon Asra.

Pulutan, Saiful Guci, 2 Desember 2018.