MAU IKUT : ”DOA DHUAFA SEPULUH RIBU ?”

0
68

Ciloteh Tanpa Suara-“ Apa kegiatan Saiful ? “ Tanya teman saya Desra Efendi  wiraswasta kepada saya.

“Sekarang ada kegiatan terbaru bersama anak saya Zaimatul Halimah dalam sebuah Yayasan Kasiah Bundo Pulutan, yaitu sedang  mencari dan menghimpun Doa Dhuafa Sepuluh Ribu, apakah Desra Efendi mau ikut dengan kami ?” tanya saya.

Peduli Pendidikan Anak Dhuafa : https://web.facebook.com/groups/1414693622128974/?ref=br_rs

Kemudian Desra Efendi balik bertanya “ kegiatan apa itu menghimpun Doa Dhuafa Sepuluh Ribu ?” Tanya dia.

“ Kami Yayasan Kasiah Bundo telah mempunyai anak asuh dari kalangan Dhuafa  sebanyak 33 orang dan ditargetkan pada tahun 2019 menjadi 100 orang. Pada tanggal 5 Kemarin telah di wisuda 2 orang S1 di STIT Payakumbuh serta yang masih aktif sekolah di SMP ,SMA dan Perguruan Tinggi  meraka sangan membutuhkan biaya pendidikan setiap bulannya  atau biaya semesternya , maka dibutuhkan para donator atau orang tua angkat. Untuk itu, gerakan ini diberi nama “ Doa Dhuafa Sepuluh Ribu” . Maksudnya adalah Donatur Oke Akhirat (DOA) untuk Peduli Pendidikan Anak Dhuafa, kami mencari donator yang mau menyumbang secara ikhlas dengan minimal Rp.10.000,- sebulan dengan target minimal sepuluh ribu orang dalam setahun, Nah apakah bersedia menjadi peserta Doanya?” tanya saya lagi.

“Wah berarti Saiful ingin menerapkan sebuah pepatah yang berbunyi, ”Kalau rencanamu untuk satu tahun, taburlah benih. Kalau rencanamu untuk sepuluh tahun, tanamlah pohon. Kalau rencanamu untuk seratus tahun, didiklah orang.” Memang,kegiatan sosial yang langeng dan amalnya bisa dibawa mati  memang banyak sekarang onak cerdas dari kalangan tidak mampu putus sekolah, kegiatan ini adalah salah satu solusinya. Pendidikan mutlak diperlukan karena hal itu meningkatkan kesanggupan seseorang untuk membuat keputusan yang akan memperbaiki kehidupannya beratus-ratus tahun kemudian. Kalau untuk itu saya bersedia “ Jawab Desra Efendi.

“Benar sekali dan terimakasih sahabatku, semoga reskimu semakin luas “ Ujar saya.

“Ohya, bagaimana caranya ?” Tanya Desra Efendi.

“Caranya, bisa diantar langsung setiap bulan Rp.10.000,- atau dijemput oleh Yayasan Kasiah Bundo dan boleh juga melalui transfer kerekening, untuk memudahkannya Yayasan Kasiah Bundo membuka tiga rekening, seperti  melalui  (1). Bank BNI Syariah No.Rek. 900500307 a/n Yayasan Kasiah Bundo, (2). Bank Nagari No.Rek.0103.0210.01794-4 a/n Yayasan Kasiah Bundo. (3).Bank BRI No.Rek.1686-01-004725-53-8 a/n Yayasan Kasiah Bundo.” Ujar saya.

“ Ohya kalau saya transfer Rp.50.000,- sampai dengan Rp.100.000,- atau lebih tetapi tidak tiap bulan apa boleh ?” Tanya Desra Efendi kembali.

“ tentu saja bolehlah jika Desra Efendi mentransfer Rp.50.000,- sampai dengan Rp.100.000 bahkan kalau bisa Rp.500.000,-. Maka  dicatat 5, 10 atau 50 orang peserta DOA (Donatur Oke Akhirat) Dhuafa yang Peduli Pendidikan, karena setiap kelipatan Rp.10.000 dicatat sebagai satu donator. Dan bulan sekarang Alhamdulillah telah tercatat 320 peserta donator  ” Ujar saya.

“ inilah yang membuat saya salut dengan keluarga Pak Saiful, Gedung IPHI Center telah dibangun, tahun kemarin saya juga ikut dalam gerakan yang diberi nama “ GEDUBANG MAS” (GErakan DUa ribu BANGun Masjid Al Ikhlas Sehari), sekarang sudah hampir selesai juga “ ujar Desra Efendi.

“ sebenarnya mereka yang kita tolonglah yang menolong kelapangan buat kita” ujar saya singkat.

“ Apakah tidak terbalik itu ?” ujar Desra Efendi

“ Sebenarnya, Islam merupakan agama yang memberikan perhatian pada keseimbangan hidup antara dunia dan akhirat, antara hubungan manusia dengan Tuhan, antara hubungan manusia dengan manusia, dan manusia dengan alam.

“Abu Hurairah berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa melepasakan dari seorang muslim satu kesusahan dari sebagian kesusahan dunia, niscaya Allah akan melepasakan kesusahannya dari sebagian kesusahan hari kiamat, dan barangsiapa memberi kelonggaran dari orang yang susah, niscaya Allah akan memberi kelonggaran baginya di dunia dan akhirat, dan barangsiapa menutupi aib seorang muslim, niscaya Allah akan menutupi aib dia didunia dan akhirat, Allah akan senantiasa menolong seorang hamba selama hamba tersebut menolong saudaranya.”

Di saat kondisi seperti sekarang ini, sesungguhnya sebuah ladang jihad maal menanti bagi kaum yang berada. Allah berikan kemudahan, pertolongan, selama kita masih mau menolong sesama

Sukakah kita jika Allah memberi kemudahan dalam segala persoalan hidup, meringankan beban di akhirat kelak serta menolong di saat kita membutuhkan pertolongan? Maka buktikanlah dengan kepedulian pada sesama!

“Siapa saja yang meringankan beban seorang Mukmin di dunia, Allah pasti akan meringankan bebannya pada Hari Kiamat. Siapa saja yang memberikan kemudahan kepada orang yang kesulitan, Allah pasti akan memberi dia kemudahan di dunia dan akhirat. Allah SWT selalu menolong hamba-Nya selama hamba itu menolong saudaranya.” (HR Muslim dan at-Tirmidizi) “ terang saya.

“ wah terimakasih yang telah mengingatkan saya. Kalau begitu, saya beri langsung saja sekarang Rp.250.000,- dan apabila ada kesempatan serta ada rezeki akan saya transfer” jawab  Desra Efendi.

Ohya Jika mau ingin bergabung atau telah mentranfer , mohon di laporkan ke Saiful Guci dengan  No.WA.081363314918 dan WA anak saya Zaimatul Halimah  082387578771.

DAN SEMOGA KITA MEMPUNYAI TABUNGAN YANG SESUNGGUHNYA, YAITU SADAQAH JARIAH.

Saiful Guci, 8 Desember 2018