Depresi

Ciloteh Tanpa Suara-“Telah masuk bulan ke-11 sejak bulan April 2020 lalu saya sakit, dan telah berobat ke berbagai dokter namun penyakit saya belum juga kunjung sembuh, mudah-mudahan Pak Saiful bisa menemukan nama penyakit saya dan dapat menyembuhkannya dengan Refleksi “ ujar Martindo selesai di pijat Refleksi.

“Dari hasil pengamatan titik-titik refleksi yang saya temukan terdapat titik organ pankreas yang bermasalah dan suplay oksigen keotak yang kurang . Kemungkinan kamu menderita penyakit diabetes. Karena kadar gula dalam darah dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas, yaitu organ yang terletak di belakang lambung. Pada penderita diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh. Tanpa insulin, sel-sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi.

Sementara dari bahasa tubuh Martindo yang selalu menunduk dan tangan sering menutup mata dalam berbicara serta ciri-ciri wajah yang kelopak mata menghitam biasanya pemicu sakit berawal dari sebuah rasa kesedihan yang mendalam , rasa sedih yang berlebihan dan berlarut-larut akan menyebabkan dampak kepada jasmani  (kesehatan) dan rohani (jiwa) yang disebabkan  meningkatnya  bahan kimia otak yang disebut opioid yang berdampak negatif salah satunya adalah menurunkan imun tubuh. Dan cara penyembuhannya adalah bergembira dan sering bercerita dengan teman-teman dan keluarga terhadap apa yang pernah dirasakan sementara refleksi untuk meningkatkan oksigen ke otak . Nah Sekarang, ceritakan apa yang memicu Martindo Sakit hampir setahun ini ” Ujar saya.

Dengan tatapan mata yang lurus, Martindo kemudian menjawab “ oh begitu, masuk akal penjelasan Pak Saiful. Memang di bulan April 2020 saya sangat sedih, dipicu karena waktu pulang kerumah saya temukan Istri saya berselingkuh dan ada ditemukan lelaki lain dalam kamar saya dan kemudian satu bulan lamanya saya tidak bisa berdiri hanya berbaring di atas tempat tidur karena penyakit diabetes” jawab Martindo.

Kemudian Martindo melanjutkan ceritanya “Saya bekerja di Perusahaan asing di Kalimantan, bekerja dalam empat bulan dan libur selama dua bulan. Karena adanya wabah Covid-19 yang biasanya empat bulan baru pulang berjumpa Istri. Kali ini,baru dua bulan bekerja perusahaan mengizinkan karyawannya untuk pulang menemui keluarganya. Untuk memberikan kejutan kepada Istri, maka saya tidak memberitahukan kepulangan saya. Tetapi alangkah terkejut dan kecewanya saya saat saya menemukan ada pria lain di kamar bersama Istri saya. Saya sedih, kecewa, dan bertanya-tanya dalam hati apakah saya yang salah ataukah dia yang salah. Dan kemudian saya jatuh sakit, dalam keadaan saya sakit sang Istri mengurus surat cerai dan akhirnya kami bercerai kemudian dia menikah dengan pria yang saya temukan di rumah “ terang Martindo.

Kemudian saya menghiburnya “ lupakanlah kesedihan. Karena setiap manusia pasti pernah bersedih. Siapa yang tidak pernah bersedih, Rasulullah pun pernah bersedih. Tapi berlarut-larut dalan kesedihan bukanlah tauladan dari Rasul kita, Justru Rasullah selalu tersenyum dan tampak bahagia.

Mari kita cari perempuan lain yang lebih baik,dan kamu berhak mendapatkan perempuan yang lebih baik untuk meraih kebahagianmu. Buanglah jauh-jauh kesedihan yang telah menyebabkan kamu menderita sakit. Kamu telah merasakan itu, bahwa kesedihan yang berkepanjangan dan berlebihan akan dapat mengakibatkan penyakit leukimia, penyakit yang belum ditemukan obatnya. Dan  Menjadikan diri rentan dengan depresi. Stress, dan frustasi. Kesedihan yang berlebihanpun akan menguras tenaga dan energi, Kelelahan hati yang dirasakan akan membuat metabolisme tubuh menjadi lambat.

Bolehlah kita sejenak bersedih untuk menyesali dan bertaubat, dan kemudian kita harus melangkahkan kaki dengan cepat meninggalkan kesedihan dalam perjalanan hidup kita agar kebahagiaan datang dengan senyuman.

Jika Anda tetap bersedih akibat Istri berselingkuh akan membuat Anda  stres, tubuh akan memproduksi hormon adrenalin dan kortisol secara berlebihan. Pada dosis kecil, hormon ini dapat meningkatkan denyut jantung. Namun jika berlebihan dapat berakibat fatal untuk jantung. “terang saya.

“ Boleh.Boleh.Boleh. Memang saya berdoa, bila saya sembuh nanti  dan ada perempuan yang mau menerima saya , saya akan berumahtangga. Oleh  karena saya tidak punya anak, saya ingin mencari janda kematian suami dan memelihara anak  yatim “ ujar Martindo.

“ Tidak perlulah kita fokuskan kepada janda kematian suami agar dapat melihara anak yatim , yang penting dia mau menerima Anda, tetapi menurut hemat saya lebih baik dicari perempuan yang bercerai karena kecewa kepada suaminya seperti suaminya berselingkuh, suka main tangan dll “ jawab saya

“Kenapa pak ?” sela Martindo

“Karena sifat perempuan itu unik, seorang perempuan dapat menyimpan rasa cinta berpuluh-puluh tahun tetapi rasa kesedihan dan kecewa dapat hilang hanya dalam beberapa hari . Makanya banyak perempuan yang susah membuka hatinya untuk menerima lelaki lain sebagai  penganti suaminya, takut lelaki penganti untuk ayah sambung anaknya tidak sebaik suaminya yang dulu dan mengecewakan dan suami yang baru akan tetap menjadikan perbandingan sehingga akan cepat menimbulkan perceraan apabila suami yang baru mempunyai prilaku lebih buruk dengan suami yang pertama dan tidak memberikan harapan yang baik . Berbeda bagi perempuan yang bercerai akibat disakiti oleh ulah suaminya, apabila suami yang baru memberikan perhatian yang penuh, maka  mungkin saja pada awal perkawinan belum tumbuh benih cinta tetapi selama perkawinan akan tumbuh dan berkembang rasa cinta . Rasa cinta dalam rumah tangga akan membangkitkan hormon dopomin yang dapat menumbuhkan rasa kebahagian dalam hidup berumah tangga yang dapat meningkatkan daya imun tubuh dan menghilangkan segala penyakit yang kita rasakan “ imbuh saya.

“ Oo, begitu pak, artinya perempuan yang pernah kecewa kita peristri, apabila kita memberikan perhatian penuh akan lebih nyambung komunikasinya terutama dengan kondisi saya sekarang ini “ ujar Martindo.

“Benar. Ohya, obat apa yang  diberi resep  dokter yang kamu minum ?” Tanya saya.

“ Obat  yang sering diberikan dokter adalah “ escitalopram (Lexapro)”, Jawab Martindo.

“Nah itu, itu adalah salah satu obat bagi orang yang mengalami depresi yang berkaitan dengan obat serotonin untuk menumbuhkan sebuah perasaan agar nyaman ,sehat dan bahagia. Pada otak orang yang mengalami depresi, produksi serotoninnya rendah. Obat Lexaprol mempunyai efek samping yang mungkin muncul, meliputi: Gangguan saluran cerna  seperti mual, muntah, sakit perut, diare, dan penurunan berat badan, seperti yang kamu alami sekarang “ terang saya.

“ Jadi disamping Refleksi apakah ada obat yang akan saya minum ?” Tanya Martindo lagi

“ Cobalah Refleksi tiga kali dahulu dan disamping itu minumlah British Propolis karena senyawa Propolis mengandung polifenol dan flavoloid. Baik itu polifenol maupun flavoloid termasuk antioksidan yang dapat melawan penyakit dan kerusakan pada sel-sel tubuh. Manfaat dan khasiat  British Propolis diantaranya adalah : meningkatkan Imunitas tubuh, Meningkatkan Stamina, Mempercepat pemulihan. Dan juga, British Propolis telah terbukti membantu mengatasi berbagai penyakit seperti: Diabetes, Kolesterol, Maag, Asam Urat, Asam lambung, Paru-Paru, Amandel, dan Resistensi Obat.” Ujar saya.

“ terimakasih atas nasehat dan anjuran Pak Saiful, tetapi tugas utama bapak adalah mencarikan saya Istri, tak perlu banyak syarat yang penting dia mengetahui kondisi saya dan dia mau membangun rumah tangga dengan saya “ ujar Martindo yang punya usaha di Payakumbuh.

Depresi

“ Siap, dilaksanakan dan Kamu sukanya Janda yang mana, Apakah  Jamu (Janda Muda ), Janbersat (Janda Beranak Satu), Jankeli (Janda Kematian Laki) atau Janda Cerah (Cerai Hidup) Suami berselingkuh “ ujar saya sambil tertawa hahaha…

“ terserah saja, yang penting dia mau” jawab Martindo singkat penuh semangat.

Saiful Guci – Pulutan, 4 Maret 2021.