HIDUP HANCUR , KARENA TERGODA PEREMPUAN MUDA

0
49

Ciloteh Tanpa Suara- Seorang lelaki di papah masuk oleh istri dan anak perempuannya kedalam rumah  untuk di refleksi. Sesampainya didalam rumah terlihat lelaki tersebut lunglai saat berjalan, tidak bisa menggapai barang dalam jarak dekat, lelaki tersebut ingin bergerak tetapi tidak bisa bergerak, ingin bicara tapi tidak bisa bicara, tapi dia kelihatannya  tidak kehilangan kecerdasannya dan tetap mengerti akan keadaannya.

Sebelum saya refleksi, saya bertanya pada istrinya apa nama penyakit suaminya menurut keterangan dokter. “ penyakit suami saya menurut dokter adalah Ataksia suatu penyakit yang menyerang otak kecil dan tulang belakang dan menyebabkan gangguan pada syaraf motorik. Telah satu tahun suami  saya kehilangan kendali terhadap syaraf-syaraf motoriknya,  sehingga makin lama kondisi fisiknya semakin lemah, pak !” Ujar Istri lelaki tersebut .

Selama refleksi berlangsung, terjadi komunikasi dengan Istri lelaki tersebut yang kemudian disebut bernama Nurhayati perempuan berjilbab putih bersih sementara lelaki tersebut bernama Akhmad Fatanah (58)

“Sepengetahuan ibuk, Apakah bapak dulu suka minum minuman keras beralkohol (Miras ) atau  Narkoba ?, karena kecanduan Alkohol  atau Narkoba dapat juga menganggu asupan darah ke otak yang juga penyebab dari Ataksia ini . Sayangnya malah pemerintah melegalkan usaha ini ” ujar saya.

Kemudian  Nurhayati menjawab  “ Kami tinggal di Pekan Baru, suami saya bekerja di perusahaan Asing, kami tinggal satu komplek dengan orang batak, memang Suami sering minum-minuman keras bersama teman-teman kerjanya. Saat dia telah pensiun Perusahaan memberikan uang pesangon atau uang tolak sebesar 220 juta kepada suami saya, 20 juta diberikan kepada saya sementara yang 200 juta dikatakan suami untuk mendirikan Perusahaan bersama teman-temannya. Tetapi ternyata pak Saiful, tanpa sepengetahuan saya dan anak-anak suami saya mencari daun muda menikah dengan perempuan asal Medan  yang lebih muda 30 tahun darinya di Batam dan selama setahun habislah uang Rp.200 juta bersama perempuan tersebut. Dalam kondisi pandemi Covid-19  atau enam bulan yang lalu sahabatnya mengantarkan suami saya kerumah dengan kondisi sakit tidak bisa berbicara seperti ini, dan kemarin bertemu dengan temannya dan menyarankan Refleksi sama  pak Saiful, “ papar Nurhayati.

“Hidup memang terkadang aneh, terkadang begitu besar karunia Allah pada seseorang, diberi istri cantik dan sehat, anak-anak yang manis, sudah tua , bukannya hidup tenang bersama keluarga tetapi sudah tua  ingin juga beristri muda. “ ujar saya.

“ Benar sekali pak, inilah yang kami alami sekarang, mau bercerai dan meninggalkan bapak , apa pula dikata orang , disangkanya kami seorang istri yang tidak berbakti kepada suami atau seorang anak yang durhaka kepada bapaknya setelah sakit sakitan ditinggalkan, terpaksalah masalah ini kami tutup rapat-rapat kepada kedua keluarga kami, mungkin Allah sedang menguji keimanan saya pak, karena selama 30 tahun saya hidup berbahagia bersama suami “ ujar Nurhayati.

“ Yaa buk Nurhayati bahwa wanita di uji kesetiaannya ketika Pria tak punya apa-apa, sedangkan Pria diuji ketika dia punya segala-galanya, nah seperti contoh saat suami ibuk mendapat uang Rp.220 juta keimanannya diuji dari godaan perempuan muda tetapi dia tidak lulus, beginilah jadinya” ujar saya

“ saya selalu berdoa untuk kesembuhan suami saya, semoga Allah Maha Melihat, Maha Mendengar, Maha Mengetahui. Saya serahkan semua kembali kepada-Nya. Saya tak mampu untuk terus mengawasi gerak gerik suami saya.  Ohya kenapa banyak lelaki apabila pegang uang banyak melakukan selingkuh dan mencari perempuan muda, pak Saiful ?“  ujar Nurhayati sambil tersenyum lembut kepada saya, seolah olah pertanyaan ini menghunjam kedalam jantung saya …. sebuah kata Selingkuh.. !!!

Sambil bergurau saya jawab “Mungkin saja uang yang banyak berbanding lurus dengan  bangkitnya hormon Selingkuh di selangkangnya, karena uang dan kartu kredit terletak di saku bagian belakang pinggulnya yang selalu mengoda selangkangnya untuk mencari perempuan muda suatu hal trend saat ini. Ohya, yang perlu dipahami, hasrat atau motivasi untuk berselingkuh dari setiap orang berasal dari pusat penghargaan dalam otak tempat produksi hormone dopamine. Ketika di rangsang oleh Alkohol, obat, permen coklat, hingga otak melepas hormon dopamine yang membangkitkan gaerah sek.  Ibuk mendengar berita terakhir ini, ada polisi main di café ditemani perempaun tak sanggup bayar lalu menembak 3 orang . Dan Alkohol ini sumber kerusakan segalanya, jiwa dan jasmani hancur, karr hancur dan keluarga juga hancur” Jawab saya

“ mungkin juga pak” jawab Nurhayati tertunduk

Hanya “Keimanan” yang dapat menjadi filter, untuk mencegah perselingkuhan, benarkah setelah selingkuh, hidup kita bisa lebih baik, bukankah bila telah menyakiti orang yang kita cintai, kita telah menancap paku dalam hati orang-orang yang setia dan mengasihi kita. paku yang sudah tertancap dihati, walau telah dilepas akan meninggalkan bekas, tidak akan hilang seumur hidup.

Bila kita ingin selingkuh, ingatlah “maukah kita melihat suami anak perempuan kelak , suatu saat menyakiti hati anak perempuan kita?” kalau anda sayang pada anak anda, jangan lakukan perselingkuhan itu.

Aku tatap dalam-dalam mata perempuan itu seolah-olah dia berkata

Bukan aku ingin menuntut dengan berbagai hal diluar kemampuan dan kesanggupanmu wahai suamiku….

Aku hanya ingin kau tau….

Aku seorang wanita yang terkadang berpura-pura” kuat tapi hati perih, sakit, ada timbunan luka yang kau torehkan….
Aku berusaha kuat, Insya Allah kesabaranku tak berbatas…& Allah tak akan menyia-nyiakan kesabaranku. Aku yakin semuanya akan berubah…

Saiful Guci , Pulutan-, 4 Maret 2021)

SHARE